Gak Cuma Jiwa yang Sehat, Hati juga Harus Bersih!





Halo readers.
Selamat hari kesehatan nasional
Mulai sekarang jaga hati, biar gak disakiti lagi ya.
Ehhhe

Event tahunan dan hari hari peringatan diindonesia itu banyak banget loh. Mulai dari Harinya orang sakit, harinya pahlawan, harinya pelajar, harinya orang sehat, hari sahabat, sampai hari jomblo juga ada.

Hari ini, 12 November 2019 bertepatan dengan harinya orang sehat seindonesia, Hari Kesehatan Nasional.

Dan 7 April untuk peringatan mendunia. Seperti namanya , tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.
Tahun ini, tema peringatannya adalah BEAT DIABETES yang bertujuan untuk mengurangi angka diabetes sekaligus memberikan kesadaran dan pemahaman lebih pada masyarakat dunia.


Pada era-50an indonesia dilanda wabah Malaria. Hampir seluruh masyarakat di indonesia terjangkiti wabah penyakit malaria. Korban tewas mencapai ratusan ribu. Akibat banyaknya korban berjatuhan, pemerintah mengambil tindakan dengan beragam upaya pembasmian malaria.

Sedikit tentang malaria

Berawal dari pembentukan Dinas Pembasmian Malaria(DPM) pada tahun 1959 oleh masyarakat setempat. Lalu DPM berganti nama menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria(KOPEM) pada tahun ke-4, 1963. Dengan dibantu oleh WHO dan USAID juga warga setempat upaya pembasmian malaria dilakukan dengan menyemprotkan obat jenis DDT secara massal dari rumah kerumah penduduk jawa, bali dan lampung.

Dengan diawali penyemprotan pertama secara simbolis oleh presiden Soekarno selaku presiden pertama pada tanggal 12 November 1959 bertempat di Kalasan, Yogyakarta. Sejak hari itu, pada tanggal yang sama di peringati sebagai Hari Kesehatan nasional.


Di HKN ke-55 dengan tema Generasi sehat indonesia unggul. Diharapkan dengan meningkatnya tahun ke tahun, dapat membentuk generasi indonesia menjadi lebih baik dari tahun tahun sebelumnya.

Kualitas kesehatan di indonesia dapat meningkat dengan baik, menyejahterakan rakyat indonesia. Kualitas pelayanan kesehatan agar dapat membantu masyarakat dalam program hidup sehatnya.

Tapi apalah artinya pelayanan yang baik, media yang murah, kalau rakyatnya sendiri tidak ingin mengamalkan hidup sehat

Mari kita mulai hidup sehat dengan cara sederhana. Beberapa tips sehat sederhana yang murah juga mudah.

1. Aktivitas fisik

Dalam segala kegiatan tidak terlepas dari aktivitas fisik. Hanya saja banyak aktivitas fisik yang tidak menggerakan seluruh anggota tubuh. Di zaman serba mesin ini, banyak orang benar benar bergantung pada alat canggih tersebut. Bahkan ada orang yang hanya berjalan 1 menit perharinya.



Dalam skala ini, kita harus menambahnya
 Semisal 5 menit perhari.


2. Jaga pola makan



Kebiasaan orang indonesia nih, suka mengikuti hal yang lagi trend. Mukbang misalnya. Padahal mukbang itu tidak baik untuk kesehatan. Makan dalam skala besar apalagi dengan rasa yang pedas misalnya. Hal ini tentu tidak cocok dengan perut orang indonesia. Atau kita terbiasa bekerja fulltime. Sampai melupakan jam makan. Jangan di teruskan ya.



3. Rutin minum air putih


Minum air putih penting banget buat tubuh kamu, terutama siang hari guna menghindari dehidrasi.
Namun ketika malam hari, kamu justru harus menguranginya dan mengosongkan isi kandung kemihmu ya.

4. Cek kesehatan secara berkala



Jadi, kepuskemas itu gak harus orang sakit aja, justru mencegah sakit jauh lebih baik dari pada mengobati sakit.


Generasi sehat, indonesia unggul
Itu artinya jika generasi kita terkontaminasi berbagai penyakit, tidak sehat lagi. Lalu apa lagi yang patut di unggulkan dari negara maritim ini.



Salam genre
Selamat Hari Kesehatan nasional
Selain sehat fisik, psikis juga harus sehat
Lupakan hal yang membuatmu sakit kepala
Abaikan hal yang membuatmu sakit hati
Lakukan hal yang membuatmu tenang

Jaga hati, biar gak disakiti

Source: Kemenkes.go.id
Picture: Berbagai sumber FB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Prakarya dan Kewirausahaan Tas dari Bungkus Kopi

Titip Rindu Untuk Nenek

Posisi Tidur yang Aman Untuk Masa Depanmu, Cek Yuk!