Pemuda Millenial Menjaga Keutuhan NKRI

Berkibarlah
Di zaman modern ini, akses antara masa lampau dan masa kini seakan sangat dekat.

Bagaimana tidak? Segala hal berbau sejarah kita dapat mengaksesnya dalam genggaman. Namun sangat disayangkan sebagai generasi penerus bangsa, banyak pemuda harapan justru mengabaikannya. Bahkan merusak makna sumpah pemuda dengan membuat perpecahan antar sesama.



Sumpah pemuda adalah sebuah ikrar, sebuah janji sebagai putra dan putri Indonesia untuk menjadi jiwa yang mengakui tanah air, bangsa, dan bahasa. Menjadikannya sebagai satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai kristalisasi atau butiran-butiran semangat untuk menegaskan cita-cita akan adanya 'Tanah Air Indonesia, Bangsa Indonesia, dan Bahasa Indonesia'.

Bertepatan dengan Kongres Pemuda II  yang di selenggarakan selama dua hari di mulai pada tanggal 27-28 Oktober 1998, di Batavia(Jakarta waktu dulu)

Dalam kongres pergerakan pemuda Indonesia yang melahirkan keputusan dalam membuat ikrar. Salah satu diantaranya adalah Soegondo jojopoespito sebagai ketua. Pemimpin kelahiran 1905 ini merupakan salah satu aktivis Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia.

Selain soegondo, terdapat pula Muh. Yamin seorang pencetus namun posisinya sekretaris. Dan tokoh-tokoh lainnya seperti Soenario Sastrowardoyo, W.R Soepratman, Djoko Marsaid, Amir Syarifuddin, Sarmidi Mangoensarkoro, dan Sie Kong Liong sebagai pemilik pemondokan yang menjadi wadah berkumoul dan melaksanakan Kongres Pemuda II.

Dalam hal ini, sebagai generasi penerus bangsa kita harus menjaga keutuhan NKRI. Menjunjung tinggi bahasa, bangsa, dan persatuan. Memaknai tiap butir sumpah pemuda

Terdapat tiga poin dalam tiap butiran sumpah pemuda. Dengan mengenang semangat para pemuda yang pada masa telah meraih kemerdekaan Republik Indonesia.


1. "BERTUMPAH DARAH YANG  SATU, TANAH AIR INDONESIA"
Dalam poin pertama, sebagai bangsa indonesia kita adalah satu. Satu tanah air. Maka peran kita adalah menjaga  persatuan dan kesatuan NKRI.
Contohnya saja, menghindari perpecahan seperti  rasis, tawuran, atau saling caci. Menghindari pertumpahan darah antar sesama seperti saling bunuh memperebutkan  jabatan.


2. "BERBANGSA YANG SATU, BANGSA INDONESIA"
Terdapat nilai patriotisme dalam poin ini.  Sebagai pemuda penerus bangsa kita dapat memaknainya  dengan gotong royong,  musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, dan menjaga kerukunan.


3. "BERBAHASA YANG SATU, BAHASA INDONESIA "
Sudah benarkah bahasa indonesia mu selama ini? Jika belum, mari sama-sama kita memperbaikinya. Di Indonesia terdapat 652 bahasa(liputan6.com di Indonesia. Maka dari itu bahasa indonesia sebagai pemersatu harus dipelajari dengan baik. Baik itu bahasa Indonesia  baku, bahasa daerah, barulah bahasa asing.

Jadi, dalam sumpah pemuda banyak sekali poin penting sebagai panutan  dalam memaknainya bagi para pemuda. Mari kita maknai setiap poinnya.

Hormati yang tua, sayangi yan muda. Kita jaga keutuhan  NKRI


Member WMC of: Koranbanjar.net


Komentar

  1. Wihh sekarang full of pict yah, tambah oke nih blognya😆😆

    BalasHapus
  2. Wihh sekarang full of pict yah, tambah oke nih blognya😆😆

    BalasHapus
  3. Aku suka banget yang kata-kata utamakan bahasa Indonesia, pelihara budaya daerah, sama kuasai bahasa asing. Kembali diingatkan pemuda Indonesia jangan males2an nih serta ngerawat semangatnya

    BalasHapus
  4. Meski cuma tiga poin, tapi pengamalannya susah ya Kak. Aku sih mulai menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan musyawarah saat berbeda pendapat

    BalasHapus
  5. Sebagai anak muda bangsa sudah tuga kita menjaga keutuhan Indonesia kak, semoga jasa-jasa pahlawan memerdekakan bangsa ini dapat kita jadikan contoh dan teladani

    BalasHapus
  6. Aku dan juga termasuk WNI di NKRI ini paling suka menggunakan cara musyawarah daripada menggunakan kekerasan. NKRI harga mati

    BalasHapus
  7. Sebagai generasi milenial, kita harus melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu, dan tentunya tidak meninggalkan poin-poin dalam ikrar sumpah pemuda

    BalasHapus
  8. Pemuda adalah kita ,yang wajib menjaga keutuhan NKRI.

    BalasHapus
  9. Sumpah pemuda memang luas sekali sih maknanya. Para pemuda masa sekarang harusnya bisa mengambil intisari dari tiap poinnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi menurutku sih yang paling penting dari sumpah pemuda itu persatuan. Anak-anak muda harus paham dan ikut menyebarkan pentingnya suatu persatuan agar Indonesia ini bisa terus maju dan berkembang ke depannya

    BalasHapus
  10. Wahhh terimakasih untuk inspirasinya. memang tak mudah, tapi pasti bisa lah kita usahakan

    BalasHapus

Posting Komentar

Komentar lah selayaknya kamu ingin di komentari ya. Jngan toxic, aku baperan. Tinggalkan jejak

Postingan populer dari blog ini

Makalah Prakarya dan Kewirausahaan Tas dari Bungkus Kopi

Titip Rindu Untuk Nenek

Posisi Tidur yang Aman Untuk Masa Depanmu, Cek Yuk!