Kiram Park, Wisata Alam Generasi Millenial

Berfoto di aula Kiram Park usai sosialisasi 

Ada berbagai nama dan tempat berwisata di Kalimantan selatan. Terutama wilayah kabupaten Banjar yang sangat terkenal dengan wisata dataran tingginya.
Salah satunya adalah Kiram  Park. Sekilas, nama ini akan terdengar seperti sebuah  taman. Namun faktanya tidak hanya taman. Tempat ini justru jauh lebih indah dari sekedar bayangan maupun kata orang. Tempat yang sangat multi fungsi ini memenuhi 7 sapta pesona.
Wisata Kiram Park ini sangat fenomenal di kalangan masyarakat, terutama Martapura.


Lokasinya yang berada tepat di desa Kiram, dengan latar belakang perbukitan yang sangat indah. Hijau pepohonan adalah objek utamanya.
Nama Kiram di ambil dari latar belakang desanya, yaitu desa Kiram kecamatan Karang Intan kabupaten Banjar. Tidak hanya sebagai wadah bermain, namun Kiram Park juga mampu menjadi wadah sebagai ajang dongkrak kebudayaan.  Acara biasa bahkan hingga acara luar biasa, semua pernah berlalu di Kiram  Park .

Tenda perkemahan di lapangan Kiram Park

Contohnya saja, perkemahan. Lahan yang luas, dengan sajian sebuah bukit tepat di depan lapangan perkemahan. Kiram Park tentu saja sangat mendukung untuk acara para pecinta alam.

Acara Dinas Pariwisata  di Aula Kiram Park

Selain itu, Kiram Park juga dapat di jadikan sebagai wadah untuk acara resmi.
Tersedia banyak gazebo dan sebuah aula utama sebagai tempat pertunjukan sebuah seni ataupun penyambutan tamu.

Lokasi wisata yang sangat luas, sehingga membuatmu tidak akan bosan dengan keadaan. Setiap tempat dengan latar berbeda-beda tentu saja kamu akan merasa berada di tempat wisata yang berbeda-beda pula.

Saat pertama masuk ke gerbang utama menuju Kiram Park, kamu hanya akan di kenakan tarif 5000 untuk kendaraan bermotor, dan 10.000 untuk kendaraan roda 4.
Pemandangan yang pertama kamu lihat adalah pepohonan yang tumbuh segar di sepanjang jalan.


Selanjutnya ketika masuk kamu juga akan menemukan  sebuah aula lengkap dengan taman yang tentunya spot foto yang menarik di latar belakang, Welcome to Kiram Park.

Vila Kiram Park

Di kawasan ini, kamu akan menemukan banyak sekali gazebo yang tentu saja di gunakan oleh  masyarakat terbuka, dan 14 unit vila kecil serta 2 unit vila besar yang disewakan.

Gazebo Kiram Park

Selain Itu, terdapat pula sebuah panggung kecil atau panggung kesenian yang mana kamu akan di suguhi budaya banjar,  dengan lagu madihin dan alat musik khas banjar, Panting.


Lalu berjalanlah sedikit lagi, kamu akan menemukan beberapa kolam yang tentunya mampu menyegarkan mata di tengah ke pusingan akan riuhnya kota.


Terdapat juga rumah kelinci dengan pagar kayu yang sangat eksotik.

Kiram Park yang diolah Sahbirin Noor atau yang lebih akrab disapa Paman Birin begitu istimewa, banyak tempat santai terlihat saat memasuki lokasi hingga ada aula pertemuan cukup besar yang terbuat berstruktur kayu alami.

Kiram Park identik dengan bangunan kayu

Selain itu, Kiram Park juga memiliki nilai religius yang tinggi. Sebagai tempat wisata yang unik, Kiram Park juga di lengkapi dengan Musholla. Musholla yang di bangun pun sangat unik dengan menjunjung tinggi nilai artistik. Bangunan yang terbuat sepenuhnya dari bambu langka yang di ambil dari pegunungan meratus ini, memiliki bentuk dan model yang modern.

Diatas replika kapal nabi Nuh a.s

Di bagian perbukitan yang cukup tinggi, dibangun pula sebuah bangunan terbuka dari kayu Ulin, di sana pengunjung bisa melihat pemandangan alam dan hutan luas.
Bahkan di puncak pegunungan yang lebih tinggi lagi, Paman Birin membangun sebuah replika kapal yang diberinya nama "Kapal Nabi Nuh".

Sebagaimana dalam unsur sapta pesona, bahwa tempat wisata harus aman.
Di Kiram Park, kata ‘aman’ bahkan sudah tidak di ragukan lagi. Berbagai acara yang diadakan di Kiram Park, belum ada diantaranya yang meninggalkan cerita buruk. Bahkan artis ibukota pun sudah berulang-kali menyambangi wisata yang satu ini.

lahan yanh bersih, menenteramkan

Tempat wisata juga harus tertib, maka dari itu Kiram Park bahkan dapat di nominasikan sebagai salah satu tempat wisata paling tertib. Bangunan dan lingkungan di tata secara teratur. Tidak akan ada yang namanya berdesakan satu sama lain. Sebab lahan Kiram Park sangatlah luas.

Selain  tertib , Kiram Park  juga menjaga kebersihan dengan baik. Meskipun Kiram Park tidak pernah menolak para paman pedagang  untuk berjualan di dalam lokasi wisata,  namun kebersihannya selalu terjaga.


Tentu saja sebagai tempat yang bersih, maka tujuannya adalah untuk menciptakan Kenyamanan kepada para pendatang. Tentu saja Kiram Park sangat indah, di dominasi dengan pepohonan dan latar belakang. Tidak ada alasan bagi siapa pun untuk tidak menyukai Kiram Park.


Selain itu, Keramahtamahan masyarakat sekitar tidak perlu di ragukan. Banyaknya tersedia ojek sebagai transportasi menuju bukit Kiram, tentu saja akan melibatkan interaksi langsung antara kamu dan masyarakat sekitar.

Dan satu hal terpenting dalam unsur sapta pesona adalah Kenangan. Sebuah replika kapal nabi Nuh, tidak akan kamu temukan di lain tempat selain Kiram  Park. Bahkan tidak hanya masyarakat sekitar,  youtuber terkenal sekalipun pernah mengunjungi Kiram Park, apalagi alasannya kalau bukan wisata ini menarik.


Tempat yang di bangun oleh gubernur Kalimantan Selatan ini juga berhubungan dengan banyak tempat wisata lainnya,  seperti gunung Mawar, gunung Pamaton, gunung Coklat bahkan wisata Alam Roh. Nama Alam Roh adalah istilah bagi wisata setempat yang sangat misteri. Jauh dari kebisingan kota. Cukup untuk menjadi tempat bermeditasi.  Tempat yang tetap perawan sekalipun berulang kali di jamah.


Harapannya kedepannya, semoga hutan sebagai paru-paru dunia tetap Lestari.



Gimana? 
Udah ke Kiram Parknya Paman kita?
Kalau belum, kesini deh. 
Jarang-jarang loh ada tempat wisata paket komplit begini.
Ada gunung, vila, lapangan, gazebo. 
Boleh pilih mau tidur dimana.
Aku tunggu ya di Kiram Park Kalimantan Selatan.

#AksiVisitKalsel2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Prakarya dan Kewirausahaan Tas dari Bungkus Kopi

Titip Rindu Untuk Nenek

Posisi Tidur yang Aman Untuk Masa Depanmu, Cek Yuk!